Bukan Gubernur Sulsel, Ternyata Andi Sudirman Ini yang Diperiksa KPK di Mako Brimob

  • Bagikan
Mako Brimob Polda Sulsel, lokasi pemeriksaan saksi kasus suap yang ditangani KPK. (Muhsin/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tim Penyidik KPK menjadwalkan pemeriksaan 12 saksi di Mapolda Sulsel, Kamis, (3/11/2022) dalam kasus suap pemeriksaan laporan keuangan Pemprov Sulsel.

Salah satunya ada nama Andi Sudirman. Namun yang dimaksud bukan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman melainkan Andi Sudirman yang biasa disapa Karaeng Kodeng.

Karaeng Kodeng merupakan salah seorang kontraktor yang disebut namanya oleh Mantan Sekretaris Dinas PUTR Sulsel Edy Rahmat dalam persidangan pada 3 November 2021 lalu.

Edy Rahmat saat itu mengaku mengumpulkan uang dari sebelas kontraktor salah satunya dari Karaeng Kodeng sebesar Rp150 Juta.

Uang itu lalu diberikan kepada auditor BPK Perwakilan Sulsel untuk menghilangkan hasil temuan.

Edy Rahmat sendiri telah lebih dulu ditahan bersama Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Kontraktor Agung Sucipto.

Melalui keterangan tertulisnya, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, pemanggilan 12 saksi terkait dengan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2020 pada dinas pekerjaan umum dan tata ruang (PUTR).

“Hari ini (3/11) pemeriksaan saksi TPK terkait pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2020 pada dinas pekerjaan umum dan tata ruang (PUTR), untuk tersangka ER dkk,” ucapnya.

12 orang itu diantaranya dua pejabat DPRD Sulsel dari Fraksi Gerindra yakni Darmawangsa Muin.

Kemudian Pimpinan DPRD Sulsel Muzayyin Arif dari fraksi PKS, M Gilang Permata dari BPK Perwakilan Sulsel, Mantan Kepala DPPPA Sulsel, Fitri Zainuddin.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan