KPK Klaim Tak Tunduk Kekuasaan Manapun, Yan Harahap: Gak Percaya, Sebelum Tangkap Harun Masiku

  • Bagikan
Deputi Strategi dan Kebijakan Balitbang DPP Demokrat, Yan A Harahap [email protected]

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Kader Partai Demokrat, Yan Harahap membalas pernyataan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri soal KPK yang tidak tunduk kepada kekuasaan manapun.

Anak buah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu mengatakan baru percaya apa yang diucapkan Firli Bahuri itu jika telah berhasil menangkap Harun Masiku.

Harun Masiku sendiri adalah mantan kader PDIP yang berstatus buron. Dia telah ditetapkan tersangka kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024 sejak Januari 2020.

"Gak percaya, sebelum mampu tangkap Harun Masiku," kata Yan Harahap dikutip Fajar.co.id di akun Twitter miliknya, Kamis (3/11/2022).

Sebelumnya, Firli Bahuri tegaskan KPK bertugas tidak tunduk pada kekuasaan manapun dalam menjalankan tugas dan wewenangnya.

"Sesungguhnya KPK dalam pelaksanaan tugas dan wewenangnya tidak tunduk kepada kekuasaan manapun. Tanpa pandang bulu adalah salah satu prinsip KPK," ucap Firli dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/11/2022).

Firli Bahuri merespons atas tudingan sejumlah pihak bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh KPK seolah-olah langkah tersebut mendadak dan punya kepentingan lain.

Ia pun menyatakan penegakan hukum itu adalah pekerjaan yang senyap. Namun, kata dia, menjadi ramai dan penuh hingar-bingar karena terkait seseorang atau lembaga yang dianggap oleh masyarakat punya posisi penting dan peranan penting dalam masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Faktanya, KPK kerja profesional dan proporsional dengan tetap menjunjung tinggi asas-asas hukum acara pidana, praduga tak bersalah, persamaan hak di muka hukum, dan kami terus bekerja secara transparan, akuntabel, mewujudkan kepastian hukum dan keadilan serta menjunjung tinggi hak asasi manusia," kata Firli.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan