Dukung Swasembada Gula, Jokowi Suapkan Lahan Seluas 700 Ribu Hektare di Jawa Timur

  • Bagikan
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto mendampingi Presiden Joko Widodo di Mojokerto. (Pemprov Jatim for JawaPos)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Kedatangan Presiden Joko Widodo disambut Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak di area lahan tebu Temu Giring PTPN X di Desa Batankrajan, Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jumat (4/11). Keduanya meninjau kebun tebu sekaligus berdialog dengan sejumlah petani tebu lokal.

Didampingi Menteri BUMN Erick Tohir, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, dan Dirut PTPN III, Presiden Jokowi mengatakan, kondisi tanah di Mojokerto yang akan ditanam tebu sangat subur dan kualitasnya sangat bagus.

”Di sini tanahnya sudah sangat subur dan sangat bagus. Bahkan, tebu yang sudah ditanam selama 26 hari hasilnya luar biasa. Bisa kita lihat hasilnya luar biasa,” ucap Jokowi.

Melihat potensi tebu yang sangat baik di Indonesia, Presiden Jokowi akan menyiapkan lahan seluas 700 hektare untuk mendukung swasembada gula. ”Kalau kita menyiapkan 700 ribu hektare, kita akan mandiri dan kita akan swasembada gula dalam 5 tahun ke depan,” tegas Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan, penanaman tebu seluas 700 hektare sangat potensial di sebagian besar wilayah Indonesia, salah satunya Jatim, Jateng, dan Jabar. Ke depan, penanaman tebu akan diluaskan ke luar Pulau Jawa. Sebab, lahan seluas 700 hektare bukanlah lahan yang kecil.

”Saat ini baru dapat 180 hekare. Kita butuh 700 hektare. Dengan sekuat tenaga akan saya siapkan,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menambahkan, Jatim merupakan basis pabrik gula dan basis petani tebu. Luas perkebunan tebu di Jatim kurang lebih hampir mencapai 50 persen luas perkebunan tebu nasional. Dengan demikian, Jatim menjadi barometer dan kunci kebangkitan gula nasional.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerjasama antara FAJAR.CO.ID dengan JAWAPOS.COM. Segala hal yang terkait dengan artikel ini adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari JAWAPOS.COM.
Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan