Jelang Drawing Babak 16 Besar Liga Champions: Abaikan Tim Unggulan

  • Bagikan
Liga Champions/UEFA

FAJAR.CO.ID, TURIN—Liga Champions 2022/2023 sudah memasuki babak 16 besar. Melihat daftar juara grup dan runner up, tim unggulan sepertinya tak berlaku dalam drawing yang akan digelar besok malam.

Menyusul drama matchday terakhir yang terjadi di Grup H, Paris saint Germain (PSG) harus kehilangan posisi di puncak klasemen. Benfica menendang mereka dari posisi teratas setelah menang 6-1 di markas Maccabi Haifa.

Jumlah poin, head to head, selisih gol, serta produktivitas kedua klub sebenarnya sama. Namun, Benfica unggul jumlah gol tandang. Dengan kemenangan kemarin, klub Portugal itu total mencetak sembilan gol tandang atau tiga lebih banyak dari PSG.

Bergabungnya PSG di kelompok tim runner up menambah banyak klub raksasa yang berada di daftar non-unggulan dalam drawing 7 November besok. Itu karena klub seperti Liverpool, Inter Milan, Borussia Dortmund, serta AC Milan juga finis kedua di grup masing-masing.

Selain kelima klub itu, tim runner lainnya yakni Club Brugge, Eintracht Frankfurt, dan RB Leipzig. Sementara kedelapan juara grup, selain Benfica juga ada Napoli, FC Porto, Bayern Munchen, Tottenham Hotspur, Chelsea, Real Madrid, dan Manchester City.

Meski tampaknya kekuatan juara grup dan runner up relatif berimbang, PSG yang mengejar gelar Liga Champions pertamanya sangat kecewa dengan kegagalan mereka finis teratas. Pelatih PSG, Christophe Galtier bahkan mengeritik timnya pasca kemenangan 2-1 di Turin.

“Ketika kami menang 7-2 minggu lalu, kami berhenti bermain pada menit ke-90. Kami kebobolan terlalu banyak gol selama babak penyisihan grup dari bola mati, seperti yang kami lakukan melawan Haifa. Jika kami kebobolan satu gol lebih sedikit, kami akan finis di puncak grup,” sesalnya saat berbicara kepada Canal+:

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan