Katinting Race, Upaya Menjaga Eksistensi Olahraga Tradisional

  • Bagikan
Katinting Race

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Katinting Race yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) digelar hari ini di Anjungan Pantai Losari, Minggu (6/11/2022).

“Itu khas kearifan lokal kita, yang kita mau dorong sebagai sebuah cabang olahraga yang menjadi keunggulan wilayah kita ini,” kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman kepada wartawan, Minggu (6/11/2022) di Anjungan Pantai Losari.

Andi Sudirman menjelaskan, pengemudi perahu Katinting mayoritas berasal dari masyarakat yang kesehariannga berprofesi sebagai nelayan.

“Agar melahirkan potensi-potensi atlit yang kemudian mereka berlaga sembari menjdi profesi. Mereka berprofesi sebagai nelayan tapi mereka juga mengikuti pertandingan yang bisa juga menjadi rutinitas,” jelasnya.

Ia menuturkan, masyarakat itu menyambut baik event ini. Hal itu kata dia, busa dilihat dari antusias mayarakat datang langsung untuk melihat perlombaan yang ada.

“Bagusnya krena ini maysarakat kita antusias. Ini kita tidak panggil siapa-siapa, mereka datang sendiri. Tidak ada arahan dari provinsi, mereka datang semua,” ujarnya.

Sementara itu, Kadispora Sulsel Andi Arwin Azis bilang, Katinting Race ini merupakan bagian dari rangkaikan hari jadi Sulsel ke-353 tahun.

“Alhamdulillah kegiatan ini hadir di makassar dan merupakan balap katinting yang hadiahnya lebih besar dari kejuaraan-kejuaraan balap katinting yang pernah ada di Sulsel,” bebernya.

Sebelum digelar di Makassar, Arwin Azis mengatakan sebelumnya kegiatan sama digelar di daerah atau kota yang dominan dilalui sungai.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan