KPPU, Pengawasan, Funishman dan Reward

  • Bagikan

Oleh: Erniwati

Wartawan Harian Fajar

Negara demokrasi memberikan kesempatan yang sama bagi setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi. Dalam dunia bisnis atau usaha oleh sejumlah ahli telah mengemukakan sebuah konsep ekonomi yang saling berbeda satu sama lain seperti yang dikemukakan oleh Adam Smith dengan konsep ekonomi The Wall of Nation yang maknanya adalah sistem pasar bebas akan mewujudkan tingkat kegiatan ekonomi yang  efisien dalam jangka panjang.

Konsep ini menekankan bahwa setiap individu, kelompok atau negara tidak boleh dilarang untuk membuka usaha bahkan diberi kebebasan seluas-luasnya untuk menjual produknya. Persoalan pasar diserahkan kepada konsumen karena di dalam pasar ada impossible hand.

Konsep lain dikemukakan oleh Jhon Maynard Keynes yang dimaknai sebagai pengeluaran agregat, bahwa aktivitas belanja masyarakat terhadap barang dan jasa adalah faktor utama yang menentukan tingkat  kegiatan ekonomi yang dicapai suatu negara.

Makin tinggi aktivitas belanja masyarakat maka makin tinggi pula tingkat kegiatan ekonomi suatu wilayah. Namun satu hal yang perlu diingat bahwa  kebebasan berusaha tanpa aturan yang mengikat dapat menimbulkan persaingan usaha yang tidak sehat. Mereka yang memiliki kemampuan modal yang besar akan bertahan dan mampu mengembangkan bisnisnya sementara mereka yang bermodal kecil akan sulit bersaing baik kualitas produk maupun harga. Dalam kondisi ini peran pemerintah dalam mengatur persaingan usaha sangat dibutuhkan untuk menghindari monopoli usaha. Pemerintah berperan mengatur kuantitas jenis usaha, harga dan lokasi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan