Pantau Pasar di Makassar, Mendag Zulhas Sebut Harga Kebutuhan Pokok di Sulsel di Bawah Rata-rata Nasional

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mendampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengecek harga dan ketersedian bahan pokok di Pasar Pa’baeng-baeng, Makassar, Minggu, 6 November 2022.

Hasilnya, untuk harga dan ketersediaan pokok di sini, disampaikan menteri harga sangat terkendali bahkan rata-rata di bawah rata-rata nasional.

“Saya bahagia pagi ini, di sini harga-harga sembako sangat terkendali bahkan harganya di bawah rata-rata nasional,” sebutnya.

Ia menyampaikan harga beras BULOG Rp 9.000/Kg sedangkan di Jawa Rp9.450/Kg. Untuk harga beras premium bervariasi Rp10.000 - Rp12.000/Kg. Yang juga membuat menteri suprise adalah harga cabai Rp15.000/Kg yang sedianya Rp30.000/Kg.

“Saya suprise dengan harganya, tapi kalau harga sebegini kasihan petaninya,” sebutnya.

Sedangkan harga bawang merah Rp35.000/Kg lebih mahal daripada di Jawa rata-rata Rp30.000/Kg, sebab di ambil dari Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Tapi di sini harganya di bawah rata-rata nasional, harga sangat bagus, tapi terlalu murah,” tambahnya.

Ia juga mengapresiasi penanganan inflasi yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel bersama Forkopimda dan pemerintah kabupaten/kota.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan bahwa harga dan stok terkendali dengan baik.

“Alhamdulillah, mereka sudah melihat kondisi, harga-harga di Sulsel terkendali dengan baik,” katanya.

Adapun terkait beberapa item yang mengalami penurunan harga sangat drastis, Pemprov terus melakukan sinergi bersama Forkopimda Sulsel dan pemerintah kabupaten/kota.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan