Ajang KTT G20 Bali, AB Solissa Harap Indonesia Tonjolkan Pancasila sebagai Model dalam Tataran Global

  • Bagikan
Indonesia bakal menghelat KTT G20 di Bali dalam beberapa hari ke depan. Banyak negara berharap forum bertaraf internaional yang melibatkan banyak negara ini dapat memberikan aura perdamaian ke seluruh dunia. (Antara)

FAJAR.CO.ID, BALI -- Indonesia bakal menghelat KTT G20 di Bali dalam beberapa hari ke depan. Banyak negara berharap forum bertaraf internaional yang melibatkan banyak negara ini dapat memberikan aura perdamaian ke seluruh dunia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai telah membawa aura perdamaian di tengah konflik antar Rusia dan Ukraina di tengah status Indonesia sebagai Presidensi G20. Dalam forum pembukaan Forum Agama G20 atau lazim disebut Religion of Twenty (R20), Jokowi mengenalkan ideologi Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Pengamat politik sekaligus peneliti senior Center for Indonesian Domestic and Foreign Policy Studies (Centris), AB Solissa mengatakan, pada forum itu sebaiknya Indonesia perlu menonjolkan kelebihan nilai-nilai Pancasila sebagai sebagai model dalam tataran global.

Menurutnya, nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam lima sila masih relevan dan bisa dijadikan sebagai ideologi alternatif bagi negara-negara di dunia yang sedang menghadapi masalah.

“Lima sila ini, menurut saya relevan, dan bisa menjadi ideologi alternatif bagi negara-negara di dunia dalam mewujudkan kehidupan yang guyub, aman, tentram, dan bahagia,” kata Solissa saat dihubungi, Senin (7/11).

Menurut Solissa, kekacauan dunia akibat perang Rusia-Ukraina, ketegangan blok barat dan blok timur yang berujung pada ancaman krisis pangan dan ekonomi membutuhkan jalan keluar, dan salah satunya adalah penerapan nilai-nilai Pancasila.

“Ditengah kekacauan dunia akibat perang seperti Rusia-Ukraina, bahkan seperti di Timur-Tengah yang hingga saat ini belum menunjukkan tanda-tanda kapan akan berakhir, menurut saya, dibutuhkan sebuah platform ideologi seperti pancasila,” ucapnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan