HR Soeharto Akan Dianugerahi Pahlawan Nasional, Jokowi: Telah Berjasa bagi Bangsa dan Negara

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah akan menganugerahkan lima orang tokoh bangsa sebagai pahlawan nasional pada Hari Pahlawan Nasional, 10 November mendatang. Kelima orang tokoh bangsa tersebut dari berbagai daerah.

Hal itu diungkapkan Jokowi dicuitannya yang dikutip FAJAR.CO.ID, Senin (7/11/2022).

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menjelaskan, menjelang Hari Pahlawan 2022, pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima orang tokoh bangsa dari berbagai daerah yang telah berjasa bagi bangsa dan negara.

Lima tokoh tersebut adalah almarhum Dr dr H R Soeharto dari Jawa Tengah, almarhum KGPAA Paku Alam VIII dari DI Yogyakarta, almarhun dr Raden Rubini Natawisastra dari Kalimantan Barat, almarhum H Salahuddin bin Talibuddin dari Maluku Utara, dan Alharhum KH Ahmad Sanusi dari Jawa Barat.

Sekadar diketahui, Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November setiap tahunnya. Peringatan itu untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Salah satu puncaknya, pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak korban yang berjatuhan. (eds)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan