Kursi DPRD Tiga Daerah di Sulsel Bertambah, di Sulbar Malah Berkurang

  • Bagikan
Ilustrasi Pileg 2024

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan kursi di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Di Sulsel, tiga daerah kursinya bertambah. Sementara di Sulbar, tiga daerah yang berkurang.

Jatah kursi di Pemilu 2024 (grafis) berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 457 Tahun 2022, tentang Jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum 2024.

Tiga daerah yang bertambah masing-masing 5 kursi. Takalar sebelumnya 30 kursi menjadi 35, Bantaeng sebelumnya 25 kursi menjadi 30, dan Luwu Timur sebelumnya hanya 30 menjadi 35.

Komisioner KPU Sulsel, Uslimin mengatakan, KPU RI telah menetapkan jumlah kursi tersebut. Kabupaten Wajo yang sebelumnya diprediksi kursinya berkurang itu tidak berubah. Jumlah penduduknya sudah tembus 400 ribu yang sempat menurun.

"Tidak berubah karena di DAK (Data Agregat Kependudukan: red) semester 1 2022 penduduknya sudah tembus 400 ribu kembali. Pada DAK semester 2 2021, sempat turun hingga 388 ribu saja," ujar Uslimin kepada FAJAR, Senin, 7 November.

Uslimin menjelaskan, adanya penambahan kursi di tiga daerah tersebut karena menyesuaikan jumlah penduduk. Jumlah penduduk di tiga kabupaten tersebut masing-masing bertambah.

Ketua Devisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Bantaeng, Kasmawati mengatakan penambahan 5 kursi di Bantaeng karena jumlah penduduk sudah mencapai 202.482. "Artinya bersyarat untuk penambahan," katanya.

Kondisi ini pun tentunya kata dia akan membuat KPU melakukan penyesuaian. Termasuk sosialisasi jika sudah pembagian dapil.

Polman, Mamasa, dan Pasangkayu Berkurang

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan