Genap Berusia 415 Tahun, Makassar Terus Terdepan

  • Bagikan
Balai Kota Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Sejarah mencatat Makassar sebagai kota penting terdepan. Sejak Abad XVI, gaungnya telah mendunia.

Hari ini, Rabu, 9 November, Kota Makassar memasuki usia 415 tahun. Sebuah momentum yang menjadi tonggak sejarah kejayaan yang terus berlangsung hingga kini. Sejak dahulu, telah menjadi hub internasional.

Di sektor ekonomi, peran Makassar sangat strategis. Tak heran, sejak zaman Kerajaan Gowa-Tallo, basis utama niaga di kawasan timur Indonesia (KTI) ini selalu menjadi incaran. Motif ekonomi menjadi urgensi utama, sehingga kerajaan selalu dirongrong.

Elan vital ekonomi Sulsel ini selalu tampil sebagai sebuah semangat kawasan. Menjadi warna dan komando kemajuan di daerah sekitarnya. Tak heran, Makassar menjadi kota paling urgen di timur. Ekonomi penting tumbuh dan menopang daerah lain.

Kurun satu dekade, angka-angka pertumbuhan ekonomi sangat tinggi. Selalu di atas rata-rata nasional. Bahkan pernah di atas 10 persen, tepatnya pada 2011. Setelah itu, bergerak di kisaran 7-9 persen. Satu-satunya yang menjadi angka merah, yakni pada 2020.

Dua tahun lalu, pertumbuhannya minus. Berada di angka -1,27 persen. Namun, ini juga masih angka moderat jika dibandingkan daerah lain. Bahkan nyaris semua negara memang tumbuh minus akibat hantaman awal pandemi Covid-19 kala itu.

Rinciannya, pada 2019, ekonomi Makassar tumbuh 8,79 persen. Lalu 2020, -1,27 persen, dan 2021 di angak 4,47 persen. Hanya setahun terhantam pandemi, angka pertumbuhan menunjukkan kemampuan adaptasi Makassar sangat keren.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan