Joe Biden, Xi Jinping dan 15 Kepala Negara Siap Hadir di KTT G20 Bali, Putin dan Zelensky Bagaimana?

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo meninjau persiapan KTT G20 Bali. (Twitter Jokowi)

FAJAR.CO.ID, BALI-- Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tinggal menghitung hari. Kemarin (8/11) Presiden Joko Widodo meninjau beberapa tempat yang akan digunakan untuk perhelatan tersebut. Dia memastikan ada 17 kepala negara yang akan hadir pada acara di Bali itu.

Jokowi menyatakan, Indonesia sudah siap menerima tamu delegasi KTT G20. ”Sudah H-7 dan saya sudah cek dari pagi tadi sampai titik-titik yang paling kecil,” ujarnya. Salah satu yang ditinjau Jokowi adalah kawasan rehabilitasi dan konservasi hutan mangrove Tahura Ngurah Rai di Denpasar, Bali.

Penataan mangrove Tahura Ngurah Rai telah selesai 100 persen dan siap menjadi venue showcase konservasi mangrove untuk tamu-tamu negara KTT G20.

Jokowi hanya meminta tambahan pekerjaan kecil, seperti penambahan anak tangga dari kayu di lokasi pembibitan untuk mempermudah para tamu negara.

Jokowi juga melihat The Apurva Kempinski yang rencananya untuk makan siang dan foto bersama para kepala negara. Rombongan juga melihat Bali International Convention Center (BICC) di Nusa Dua dan Garuda Wisnu Kencana.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menjelaskan bahwa hingga kemarin sudah ada 17 kepala negara yang menyatakan hadir pada KTT G20.

”Sudah, itu yang sudah pasti 17,’’ ungkap presiden. Di antaranya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping.

Bagaimana dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky?
”Beberapa hari lalu saya sudah berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky. Beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan,’’ imbuhnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan