Bukan Pakandatto, Ini Tawaran Appi untuk Kota Makassar Bebas Kotor

  • Bagikan
Ketua Golkar Kota Makassar, Munafri Arifuddin (foto: endra/fajar)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Belakangan ini sejumlah program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menjadi sorotan. Teranyar, pasukan penindak anti kotor atau Pakandatto.

Pakandatto terdiri dari 153 personel, diwakili masing-masing kelurahan yang ada di Makassar. Kata Walikota Danny Pomanto, tujuannya tidak lain guna meningkatkan kualitas lingkungan dan kebersihan di wilayah pemerintahannya.

Ketua Golkar Kota Makassar, Munafri Arifuddin mempertanyakan efektifitas kehadiran Pakkandatto.

“Kita bicara dengan jargon-jargon atau kegiatan yang dibangun, contoh untuk sampah, ini kan ada instansi teknis. Tidak cukupkah itu, sehingga ada lagi Pakkandatto,” ungkapnya di Kantor Sekretariat Partai Golkar Makassar, Kamis (10/11/2022).

Bos PSM Makassar itu menuturkan, persoalan lingkungan, apalagi menyangkut kebersihan merupakan masalah kolektif. Maka dari itu kata dia, masyarakat mesti dilibatkan aktif di dalamnya.

“Solusinya kalau menurut saya, harus dibuatkan sebuah kegiatan dimana semua warga harus berpartisipasi di dalamnya,” tuturnya.

Tidak tanggung-taggung, ia pun menawakan solusi soal kebersihan di Kota Daeng. Usulnya, menyarankan agar ada lomba yang ia sebut ‘Adipura mini’.

Konsepnya, jelas Appi, setiap Rukun Tetangga (RT) memperebutkan piala adipura. Pemenang akan mendapat penghargaan dari pemerintah.

“Kita pilih 10 atau 20 RT terbaik akan dapat hadiah. Secara otomatis orang di wilayah itu akan saling bahu membahu, akan ada sosial kontrol di dalam. Sosial kontrol inilah yang akan mengubah tatanan masyarakat itu,” usulnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan