Mendagri Resmikan Tiga DOB Papua, Ini Tiga Pj Gubernur yang Dilantik

  • Bagikan
Mendagri Tito Karnavian meresmikan tiga DOB provinsi Papua di Lapangan Plaza Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat (11/11/2022). (ANTARA/Tri Meilani Ameliya)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian telah meresmikan tiga daerah otonomi baru (DOB) Papua, yakni Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan. Hal ini setelah Pemerintah dan DPR mengesahkan tiga Undang-Undang tiga provinsi baru tersebut pada Juni 2022 lalu.

Peresmian tiga provinsi baru itu juga diiringi dengan pelantikan penjabat (Pj) gubernur untuk Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan. Mereka yang dilantik yakni, Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah dan Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan.

“Dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanallahu Wa Ta’ala, atas rahmat dan taufiknya, pada hari Jumat, tanggal 11 November 2022, saya Menteri Dalam Negeri resmi melantik Saudara Apolo Safanpo sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan, Saudari Ribka Haluk sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah, Saudara Nikolaus Kondomo sebagai Penjabat Gubernur Papua Pegunungan,” kata Tito mengucapkan kata-kata pelantikan di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/11).

Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo merupakan Staf Ahli Mendagri Bidang Pemerintahan yang lahir di Agats, 24 April 1975. Kemudian Pj. Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo merupakan Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Internasional Kejagung, yang lahir di Merauke pada 13 Maret 1964. Sedangkan Pj. Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk merupakan Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik yang lahir di Piramid pada 10 Januari 1971.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan