Turut Hadir di Bedah Buku ALDERA, Bupati ASA: Karyanya Wajib Dibaca

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) turut hadir di acara bedah buku ALDERA, karya Dr Pius Lustrinalang, seorang aktivis 98. Buku yang merekam gerakan politik kaum muda 1993-1999 dapat menjadi bacaan yang wajib dibaca.

Hal tersebut disampaikan Bupati ASA usai menghadiri kegiatan yang berlangsung di Ballroom Mahoni Hall, Hotel Claro Makassar, Jumat (11/11/2022) oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas dan Yayasan Anak Rakyat Indonesia 

Bedah buku ALDERA akronim dari Aliansi Demokrasi Rakyat, dihadiri oleh sejumlah kepala daerah. Termasuk Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), forum Rektor dan Dosen, forum Pimpinan Redaksi, serta BEM se-Kota Makassar.

Menurut Bupati ASA, buku ALDERA wajib untuk di baca. Buku dengan 308 halaman ini, kata Bupati ASA menjadi bagian dalam perjalanan sistem politik bangsa Indonesia yang sebelumnya menganut sistem otoriter menjadi sistem demokrasi saat sekarang ini.

"Beliau (Pius Read) adalah salah satu aktivis di masa orde baru atau aktivis 98 yang menuangkan perjuangan para aktivis untuk melawan otoriter menjadi demokrasi. Pergerakan - pergerakan mahasiswa saat itu dituangkan dalam buku ALDERA," kata Bupati ASA.

Alumni Monash Australia University, ini berharap buku ALDERA yang diterbitkan 25 tahun sejak sistem pemerintahan demokrasi berlangsung di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat menjadi referensi bagi pemuda, sekaligus merasakan atmosfer pergerakan aktivis pada saman orde baru.

"Mudah-mudahan kita bisa mengambil nilai dan hal-hal positif buat kita, khususnya bagi para pemuda dan mahasiswa yang tidak merasakan zaman orde baru," harapnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan