Joe Biden dan Xi Jinping Bertemu di Bali, Seperti Ini Harapan SBY

  • Bagikan
Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku bersyukur, kedua pemimpin negara tersebut akan bertemu di tengah panasnya situasi dunia. (Dery ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan melakukan pertemuan dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali. Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku bersyukur, kedua pemimpin negara tersebut akan bertemu di tengah panasnya situasi dunia.

“Alhamdulillah, pertemuan Presiden Amerika Serikat Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping bakal digelar di Bali, di sela-sela pertemuan puncak G20. Di seluruh dunia, banyak yang merasa lega dan mendukung pertemuan itu, ada secercah harapan, bahwa dunia akan lebih baik (safer) jika hubungan kedua negara besar itu terjalin kembali dan apalagi ke depan semakin baik,” kata SBY dalam keterangannya, Senin (14/11).

SBY mengungkapkan, saat dirinya menghadiri Berlin Policy Dialogue 2022 dua pekan yang lalu, secara resmi dirinya menyampaikan bahwa pertemuan Biden dan Xi Jinping, sebenarnya juga merupakan pertemuan Biden-Putin akan menjadi ground breaking, setta game changer di tengah suasana dunia yang makin panas dewasa ini.

“Baik makin panas karena konfrontasi geopolitik yang meningkat tajam di kawasan Eropa dan Asia Timur, maupun makin panasnya bumi kita karena perubahan iklim yang makin buruk. Sayang, pertemuan Biden-Putin tidak terlaksana karena Presiden Rusia Putin memutuskan untuk tidak hadir di G20 Summit Bali, Indonesia,” papar SBY.

SBY tak memungkiri, banyak yang skeptis dan pesimis bahwa pertemuan Biden-Xi Jinping akan menghasilkan sesuatu yang meaningful. Alasan mereka, rivalitas dan permusuhan antara Amerika Serikat dan Tiongkok sudah amat luas dan dalam.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan