Xi Jinping dan Joe Biden Bertemu di Nusa Dua, Ini Poin-poin yang akan Dibahas

  • Bagikan
Tangkapan layar kedatangan pesawat Air China di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada Senin (14/11). (Bayu P/Antara)

FAJAR.CO.ID, NUSA DUA – Presiden Tiongkok Xi Jinping menyusul kedatangan Presiden AS Joe Biden di Bali untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi KTT G20 pada 15-16 November 2022. Xi tiba pada Senin (14/9) sedangkan Biden tiba pada Minggu (13/11) malam.

Keduanya dijadwalkan bertemu tatap muka pertama kalinya sejak Biden dilantik sebagai Presiden AS. Mereka juga akan pertama kali bertemu setelah hubungan Tiongkok dan AS tegang sejak pandemi Covid-19.

Berdasar laporan Reuters, Xi dijadwalkan bertemu dengan Biden pada Senin (14/9) malam. Ini akan menjadi kesempatan bagi kedua pemimpin tersebut untuk membahas poin-poin ketegangan utama dan mencari cara untuk menjaga komunikasi tetap terbuka di tengah persaingan kekuatan besar.

“Para pemimpin (Xi dan Biden) akan membahas upaya untuk mempertahankan dan memperdalam jalur komunikasi, mengelola persaingan secara bertanggung jawab, dan bekerja sama jika kepentingan kita selaras,” kata Gedung Putih.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan penting bagi kedua belah pihak untuk mengelola perbedaan dengan benar dan menghindari kesalahpahaman dan salah perhitungan. Tujuannya untuk mengembalikan komunikasi yang sempat tersendat.

“Dan, mengembalikan hubungan Tiongkok-AS ke jalur yang benar. Tetapi, Tiongkok juga akan dengan tegas mempertahankan kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunannya,” kata juru bicara.

Xi dan Biden akan bicara seputar isu politik dan ekonomi. Bulan lalu, Xi mengamankan masa jabatan ketiga usai kongres Partai Komunis. Xi siap bertemu tatap muka dengan Biden.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan