Dapil Sulsel I Lebih Dinamis, Rivalitas Tiga Ketua Partai

  • Bagikan
Andi Ridwan Wittiri, Ashabul Kahfi dan Imam Fauzan AU

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-Tiga ketua partai tingkat provinsi masih mewarnai pertarungan di daerah pemilihan (dapil) Sulsel I DPR RI. Ditambah kepala daerah membuatnya lebih dinamis.

Ketua DPW PPP Sulsel Imam Fauzan akan menjadi pendatang baru. Dua lainnya adalah petahana, Ketua DPW PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri dan Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi.

Bukan hanya itu, pendatang baru yang disebut mendampingi petahana juga bermunculan. Seperti Bupati Jeneponto, Ikhsan Iskandar (Golkar), Syamsu Rizal (PKB), Fadli Ananda (PDIP), dan Burhanuddin Baharuddin (PPP). Selanjutnya pengusaha Andi Anhar (Gerindra), Irwan Zulfikar (PAN), dan lainnya.

Sementara PKS mendorong dua kader andalannya yaitu, anggota DPRD Sulsel Sri Rahmi dan Meity Rahmatia. Keduanya dijagokan untuk mengantongi minimal satu kursi di dapil ini untuk PKS setelah nihil pada Pileg 2019.

Selanjutnya, Demokrat menunggu sikap politik Aliyah Mustika Ilham. Pasalnya ramai disebut-sebut Aliyah akan maju sebagai calon senator atau Dewan Pewakilan Daerah (DPD).

"Kami belum update informasi dari pusat juga terkait minat kontestasi kembali Bu Aliyah Mustika Ilham," Ketua Bappilu Demokrat Sulsel Andi Januar Jaury, Senin, 14 November.

Perkembangan caleg dari DPP untuk finalisasi figur untuk Dapil Sulsel. Dia juga belum bisa menggaransi Rahman Bando yang juga disebut akan maju di Sulsel I.

"Partai mana pun akan pertahankan kekuatan kursi yang sudah melekat selama ini, makanya kami juga masih menunggu update dari pusat," katanya.

Ketua PAN Sulsel Ashabul Kahfi menargetkan mampu menambah kursi Dapil I Sulsel. Dia memastikan akan memaksimalkan komposisi caleg di Dapil I yang meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Selayar.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan