Makanan Pemicu Hipertensi, Kurangi dari Sekarang Sebelum Menyesal!

  • Bagikan
Ilustrasi

FAJAR.CO.ID -- Agus Yulianto atau yang dikenal dengan Ki Joko Bodo meninggal dunia pada Selasa (22/11/2022) karena penyakit hipertensi yang dialaminya.

Hipertensi atau darah tinggi merupakan kondisi tekanan darah berada di angka 130/80 mmHg atau lebih. Apabila seseorang memiliki tekanan darah tinggi, kekuatan darah yang mendorong dinding arteri secara konsisten terlalu tinggi. Jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja namun, lebih sering menyerang seseorang yang lanjut usia.

Ada banyak faktor yang membuat seseorang mengidap hipertensi salah satunya adalah faktor makanan dan kebiasan makan yang tidak terkontrol.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa memicu terjadinya hipertensi

Terlalu banyak garam

Garam dipercaya dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang berujung pada hipertensi. Namun, makanan anda akan terasa hambar tanpa adanya garam.

Namun, bukan tidak mengonsumsinya tapi membatasi. Ada baiknya mengkonsumsi garam harian yang disarankan adalah 6 gram atau sekitar 1 sdt.

Sering mengonsumsi gorengan

Gorengan mengandung lemak jenuh dan lemak trans, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan saat berat badan meningkat tekanan darah juga meningkat.

Selain itu, kandungan sodium pada gorengan juga umumnya tinggi. Sodium disebut juga berkontribusi pada peningkatan tekanan darah.

Banyak mengonsumsi makanan siap saji

Makanan siap saji biasanya mengandung banyak natrium, pengawet dan garam yang tinggi yang dapat berpengaruh terhadap hipertensi yang diderita.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan