Syarat Indonesia Masuk 5 Negara Besar Dunia, Dahlan Iskan Sebut Pertumbuhan Ekonomi Harus 400 Persen

  • Bagikan
Dahlan Iskan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, memberi respons atas ide Partai Gelora yang ingin menjadikan Indonesia sebagai 5 negara besar dunia.

"Kalau lima besar itu, berarti di atas Jerman, Inggris dan Prancis, apakah itu mungkin dalam waktu 5-10 tahun, karena GDP Indonesia baru 1.000-an triliun USD , sementara Jerman sudah 4.000, itu nomor 4 dunia. Kalau mau jadi nomor 5, maka GDP-nya harus di atas 4.000-an," ujar Dahlan, pada agenda Gelora Talks (23/11/2022).

Artinya, kata Dahlan, dalam kurun waktu 10 tahun harus ada proyeksi pertumbuhan 400 persen. Sebab, pertumbuhan ekonomi Indonesia selama ini tidak target. Namun tumbuh secara natural hingga mencapai 5 persen saat ini.

"Di situlah saya agak pesimis, kita ini natural begitu saja. Artinya, kita jalani saja setiap tahunnya tumbuh natural, apalagi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS cenderung menurun," lanjutnya.

Dahlan memprediksi GDP, Indonesia akan naik setiap tahunnya, tetapi untuk mencapai lima besar dunia masih jauh dari harapan.

Menurutnya, diperlukan skenario besar untuk menargetkan agar pendapatan per kapita Indonesia antara US Dollar 10-12 ribu, paling tidak.

"Harus ada desain besar agar target tercapai dari kurun waktu 30 tahun misalnya. Tapi kalau hanya mengandalkan pertumbuhan natural seperti sekarang ini, maka target capaian 5 besar dunia nggak bisa dilaksankan," pungkas Dahlan.(Muhsin/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan