Departemen HI Fisip Unhas Sukses Gelar Konvensi Nasional AIHII XIII

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin (HI Unhas) menjadi tuan rumah Konvensi Nasional Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (Vennas AIHII) ke-XIII 21-24 November 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri 119 Peserta dari 51 Program Studi HI di dari seluruh Indonesia. Menariknya, HI Unhad mengangkat tema, "Indonesia dalam Konstelasi Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, dan Pertahanan Keamanan di Kawasan Indo-Pasifik" di tahun ini.

Kegiatan pembukaan berlangsung pada Selasa (22/11/2022) di Unhas Hotel and Convention, dilanjutkan dengan Sidang Akademik di Swiss Belhotel Makassar.

Ketua Umum PP AIHII, Asep Kamaluddin Nashir, hadir dalam kegiatan itu untuk membuka kegiatan secara langsung.

Asep menekankan, pada pemilihan tema AIHII tahun ini yang dianggap cukup strategis. Menurutnya, hal itu mengingat perkembangan Kawasan yang semakin signifikan sejak dulu.

“Belum lagi dengan adanya kebijakan jalur Sutera maritim China dalam melalui kebijakan Belt and Road Initiative (BRI) yang membuat gaung kawasan ini semakin luas,” ungkap Asep.

Tidak hanya itu, Asep juga mengatakan, kawasan Indo-Pasifik kini sering menarik perhatian luar kawasan lainnya. Di masa depan Indo-Pasifik potensi besar untuk menjadi kawasan Epicentrum politik global.

“Indonesia, sebagai negara yang menghubungkan kedua wilayah ini perlu memainkan perannya dalam menyeimbangkan kekuatan besar yang ada,” tambahnya.

Kegiatan pembukaan yang diadakan pada Selasa juga dirangkaikan dengan seminar yang dibawakan oleh Kepala Badan Kebijakan Strategi Luar Negeri Republik Indonesia, Yayan Ganda Hayat Mulyana.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan