Pertamina Kembalikan Proyek Gas Raksasa Natuna, Gigin Praginanto: Akibatnya Kalau Dipimpin oleh Amatiran

  • Bagikan
Gigin Praginanto. (sumber Screenshot Channel YouTube Gigin Praginanto)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -Pengamat Kebijakan Publik Gigin Praginanto, mendadak menyinggung soal pertamina yang mengembalikan proyek gas raksasa di Natuna.

"Inilah akibatnya kalau dipimpin oleh amatiran yang lebih mengedepankan politik dan jabatan. Sampai membangun kilang baru aja gak becus," ujar Gigin dikutip dari unggahan twitternya, @giginpraginanto (26/11/2022).

Sebagaimana diketahui, PT Pertamina (Persero) bakal menyerahkan kembali pengelolaan Blok East Natuna di Laut Natuna kepada pemerintah.

Untuk diketahui, perusahaan migas pelat merah itu sebelumnya diberikan penugasan khusus oleh pemerintah untuk mengembangkan blok tersebut, meski sampai saat ini belum ada penandatanganan kontrak kerja sama (Production Sharing Contract/ PSC).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan, Pertamina telah melaporkan rencana pengembalian blok tersebut kepada pemerintah.

Dengan demikian, blok yang sebelumnya bernama Natuna D-Alpha itu akan dilelang kembali oleh pemerintah.

Tutuka menargetkan, proses pengembalian Blok East Natuna dari Pertamina ke pemerintah dapat selesai tahun ini. Untuk itu, pada awal tahun depan blok tersebut sudah dapat dijadwalkan untuk masuk proses lelang.

(Muhsin/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan