FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Survey nasional oleh Kemenkominfo bersama Kata Data pada tahun 2021 menunjukkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level SEDANG dengan skor 3.49. Hal ini merupakan suatu peningkatan jika dibandingkan dengan kondisi serupa di tahun 2020 yang menunjukkan skor 3,46.
Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat. Salah satunya dengan kegiatan webinar literasi digital untuk komunitas di wilayah Maluku, Papua, dan sekitarnya telah diselenggarakan pada hari Kamis, 25 November 2022, pukul 10.00 - 12.00 WIT dengan tema “Tips Digital: Pemasaran Berbasis Sosial Media Ads”.
Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.200 orang dari berbagai kelompok masyarakat / komunitas di wilayah Maluku Papua yang menghadirkan Denisa Nur, Head Of RnD Urban Sakola; Lusi Ayu Daningsih, Direktur Program Literasi Digital Digimom; La Rane Hafied, Co Founder Paberik Soeara Rakjat , sebagai narasumber.
Dalam webinar tersebut, Denisa Nur membahas mengenai konsep pemasaran berbasis google ads ditinjau dari perspektif cakap digital.
“Search Engine Optimization adalah suatu metode yang digunakan agar website dapat muncul di mesin pencarian secara organik, agar dapat melakukan SEO dengan baik terdapat 4 (empat) tips yang dapat dilakukan. Pertama, buat kata kunci yang relevan dengan bisnis atau usaha Anda. Kedua, buat kata kunci yang spesifik. Ketiga, gunakan kampanye yang terstruktur. Terakhir, gunakan google keyword planner untuk membantu Anda ”, papar Denisa Nur.