Jokowi Raih Pengharagaan Global Leadership Award, Pengamat: Wajar dan Sudah Tepat

  • Bagikan
Presiden Jokowi umumkan Indonesia siap jadi tuan rumah Olimpiade 2036 di IKN (foto: Setkab RI)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Prof. Dr. Maasba Magassing mengatakan, pengharagaan Global Leadership Award yang diraih oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi sangat wajar usai perannya untuk menciptakan perdamaian dunia.

“Apresiasi yang diberikan kepada Presiden Jokowi saya kira itu sudah wajar dan sudah tepat dalam konteks Presiden Jokowi itu berperan untuk urusan-urusan luar negeri,” kata Prof Maasba Magassing saat dihubungi, Minggu (27/11).

Dikatakan Prof. Maasba, peran Presiden Jokowi sebagai pemimpin tidak hanya diperlihatkan dalam negaranya, tetapi dia (Presiden Jokowi) menunjukkan perannya di kanca internasional dalam misi perdamaian dunia, baik di dataran Asia maupun di Eropa.

“Kita melihat beliau itu bukan hanya satu sisi. Artinya peran beliau itu sebagai Kepala Negara bukan hanya berperan di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Artinya, perannya, ada di antara negara-negara,” ucapnya.

Menurut Prof. Maasba, peran-peran Presiden Jokowi di luar negeri memiliki dampak besar buat Indonesia secara khusus, karena peran-peran Presiden tidak bisa dipisahkan dengan kepentingan negaranya.

“Tetapi untuk urusan-urusan luar negeri itu yang dilakoni oleh Presiden, itu juga memberi dampak ke dalam negeri. Itu tidak bisa dipisahkan satu sama lain,” ungkapnya.

“Kalau misalnya dia melakukan event, dan dia berprestasi di situ, dalam tanda kutip banyak yang memberi apresiasi dari luar negeri, itu wajar dan sudah tepat,” jelasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan