Bandara Arung Palaka Kembali Beroperasi, Pemprov Subsidi Tiket Rp2,5 M, Ini Rute dan Jadwalnya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Penandatanganan kontrak subsidi penerbangan rute Makassar - Bone - Kendari dan Bone - Balikpapan dilakukan Senin (28/11/2022) di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel).

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, subsidi tersebut merupakan intruksi dari Presiden Jokowi dan kementerian terkait.

“Jadi ini kan arahan Pak Menteri, arahan Presiden. Tolong diaktifkan bandaranya. Dipakai, manfaatkan. Karena sudah dianggarkan. Arahan bapak presiden itu kita tindak lanjuti dengan subsidi,” ungkapnya kepada wartawan.

Subsidi ini kata dia bukan pertama kalinya. Sebelumnya sudah diberikan subsidi penerbangan Toraja-Balikpapan.

“Ke depannya kita mau gerakkan ekonomi kembali. Karena kenapa, dengan adanya bandara kita manfaatkan. Barang dan jasa lebih cepat dan lebih murah,” ujarnya.

“Kita memang perlu hadir untuk subsidi, karena situasi pandemi. Situasi inflasi kita tau, situasi daya beli masyarakat juga turun. Maka dari itu hadir pemerintah,” sambungnya.

Apabila pemerintah tidak hadir (mensubsidi), ia menghawatirkan maskapai pesawat lambat laun akan hilang, bandara tidak dipakai, hingga berujung pada ekonomi yang tidak jaln.

“Kalau pesawat hilang, bandara tidak dipake. Mangkrak. Ekonomi tidak bergerak. Inilah pentingnya arahan Bapak Presiden, menteri juga selalu mengingatkan,” tandasnya.

Direktur Susi Air, Zulkarnain Adinegara mengucapkan terima kasih karena telah diberi kepercayaan untuk menjadi operator dalam penerbangan ini. Menurutnya, penerbangan untuk tahun 2022 akan ada 31 hari kerja.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan