Bukan Dudung, DPR Bocorkan Calon Tunggal Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa

  • Bagikan
Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin (foto: dok DPR)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin menyatakan Surat Presiden (Surpres) mengenai pergantian panglima TNI bakal diserahkan ke DPR Senin (28/11/2022) sore hari ini.

Politisi PDI Perjuangan itu mengaku mendengar informasi bahwa Presiden Joko Widodo menunjuk KSAL Laksamana Yudo Margono menjadi calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa.

"Saya dapat informasi bahwa yang ditunjuk itu adalah KSAL," ungkap Hasanuddin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Hasanuddin menegaskan aturannya Presiden hanya mengirimkan satu nama. "Ya menurut informasi memang aturannya satu nama (calon Panglima TNI). Jadi yang diajukan itu satu nama saja," ujarnya.

TB Hasanuddin mengutarakan gambaran pelaksanaan uji kelayakan Panglima TNI yang nanti dilakukan. Menurut dia, ada 5 poin pertanyaan untuk calon Panglima TNI dan ia memprediksi pertanyaan-pertanyaan Komisi I akan berkisar di lima masalah.

Pertama, kata Hasanuddin, bagaimana upaya Panglima TNI menjaga dan meningkatkan disiplin para prajurit TNI yang kalau menurut data akhir-akhir ini sedikit menurun.

"Kedua, bagaimana upaya Panglima TNI dalam usaha menyelesaikan Renstra ke III MEF," urainya.

Lalu yang ketiga kata dia, bagaimana upaya Panglima TNI untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI melalui latihan dan pendidikan , terutama dalam rangka menghadapi ancaman actual. Keempat, bagaimana upaya Panglima TNI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan prajurit.

"Kemudian, bagaimana sikap Panglima TNI agar prajurit TNI tetap netral dan tak berpolitik sesuai dengan aturan perundang-undangan mengingat pesta politik seperti Pilpres, Pileg, dan Pilkada semakin dekat," tandasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan