Jokowi 5 Kali Menang di Pemilu, Refly Harun: Tidak Selalu Menunjukkan Pemimpin yang Menjanjikan

  • Bagikan
Refly harun

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Joko Widodo (Jokowi) punya catatan apik setiap mengikuti pemilihan umum (Pemilu), baik tingkat daerah (pilkada) maupun tingkat nasional (pilpres).

Presiden Jokowi telah menang lima kali. Jadi dua kali menang di Pemilihan Walikota Solo, satu kali menang di pemilihan Gubernur DKI dan satu dua kali menang dalam pemilihan presiden.

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun memuji kemenangan Jokowi itu.

“Luar biasa ya, jadi dari sisi itu ya memang Jokowi punya keberhasilan yang luar biasa kalau kita bicara election. Seandainya nanti ada pemilihan lagi, misalnya dia jadi wakil presiden, misal. Jadi apakah akan menjadi 6 atau 7 dan lain sebagainya, kita lihat nanti,” kata Refly melalui youtube channelnya, Senin (28/11/22).

Namun ia kembali mengingatkan bahwa rekor menang seseorang dalam pemilu tidak bisa menjadi tolak ukur dia adalah pemimpin yang menjanjikan.

“Rekor menang itu ya tidak selalu menunjukkan bahwa he is promising leader ya atau dia pemimpin yang menjanjikan,” kata dia.

“Mungkin menjanjikan ya dalam konteks tahun tersebut tetapi setelah tahun berjalan maka kemudian dia menjadi orang yang harus dinilai dan dievaluasi,” tambahnya.

Komentar ini sebenarnya Refly berikan sebagai responnya terhadap kritik Jusuf Kalla (JK) kepada Presiden.

Menurut Jusuf Kalla, dia sendiri mengaku memiliki feeling tersendiri saat pertama kali melihat Jokowi ketika masih menjabat sebagai walikota Solo.

"Saya punya feeling kesederhanaan dia, dikasih kan slide [presentasi] Kota Solo, saya lihat dia punya pengalaman mengelola Kota," kaya Jusuf Kalla.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan