Pemkot Diminta Segera Lelang Randis, Tahun Depan Fokus Beli Kendaraan Listrik

  • Bagikan
Kendaraan Listrik, Mobil Listrik | Image oleh markus roider dari Pixabay--

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Pemkot Makassar secara bertahap mulai mengkonversi kendaraan dinas (randis) jenis diesel ke listrik.

Instruksi Presiden RI Joko Widodo itu sebagai bagian dari upaya konversi energi. Meski demikian, kondisi ini menyisakan nasib randis yang ada saat ini.

Anggota Komisi A DPRD Makassar, Abdul Wahab Tahir menilai pemerintah sudah harus menyiapkan lelang besaran-besaran untuk randis-randis diesel tersebut.

"Segera lelang. Karena randis listrik sudah jadi instruksi pusat, jadi randis yang ada dilelang saja. Daripada menganggur," ujarnya, Minggu, 27 November.

Menurutnya, tidak masalah lelang dilakukan dengan skala masif. Harus tetap dilakukan dengan terbuka dan akuntabel. "Jangan sampai malah cokko-cokko (diam-diam)," sambung Wahab.

Apalagi, masih banyak randis yang masih dikuasai pihak ketiga yang berpotensi merugikan Pemkot. Makanya aset-aset ini juga sekalian didesak untuk ikut dilelang, agar tak ada alasan dari mantan pejabat untuk menolaknya.

Wahab juga mendesak agar pengadaannya tidak memaksakan keuangan daerah. Meski untuk jangka panjang dinilai akan lebih murah, namun pengadaan ini tetap saja akan membebani APBD jika skala pengadaannya dilakukan masif. "Kita minta untuk tidak memberatkan keuangan," bebernya.

Wahab menjelaskan, pengadaan randis listrik ini memang telah menjadi fokus pemerintah saat pembahasan APBD Perubahan 2022.

Kepala Bagian Umum Setda Makassar, M Fajrin Pagarra menerangkan, pihaknya sudah mengajukan usulan randis listrik untuk dimasukkan dalam APBD 2023. "Sedikitnya 20 mobil listrik untuk dijadikan randis," terang Fajrin.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan