Puan Maharani Umumkan KSAL Laksamana Yudo Margono Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi

  • Bagikan
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan Brevet Hiu Kencana kepada Ketua DPR Puan Maharani di Dermaga 100, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Senin (28/11). (Dok Dispenal)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani menerima surat presiden (Supres) terkait pergantian Panglima TNI dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11). Surpres itu diserahkan langsung Pratikno kepada Puan di Gedung DPR RI.

“Surpres baru saya terima hari ini, tidak ada pengambilan surat kembali atau wacana merubah nama yang sudah ada. Tidak ada sama sekali,” kata Puan.

Surpres itu menyebutkan bahwa Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

“Nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah KSAL Laksamana Yudo Margono,” ucap Puan.

Oleh karena itu, Puan menyatakan Komisi I DPR RI akan segera melakukan mekanisme pergantian Panglima TNI sesuai Undang-Undang. Tentunya, Komisi I DPR RI akan menggelar fit and proper test terhadap Yudo Margono yang akan menjadi calon Panglima TNI.

“Kami di DPR akan menindaklanjuti terkait mekanisme yang ada di DPR untuk menugaskan komisi terkait, atau Komisi I untuk melaksanakan mekanisme terkait atau pengangkatan Panglima TNI yang baru,” ujar Puan.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meyakini, calon Panglima TNI pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah figur yang terbaik. Pernyataan ini disampaikan, menyusul akan purna baktinya Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI pada 21 Desember 2022.

“Kita yakin akan yang terbaik,” kata Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan