Ditanya Rocky Gerung Pilih Anies atau Airlangga? Jawaban JK Bikin Adem

  • Bagikan
Jusuf Kalla. (Youtube RGTV channel ID)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Mantan Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK) kembali mengungkapkan pandangannya terkait pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan saat menjadi berdialog dengan Rocky Gerung yang ditayangkan lewat dalam podcast YouTube Rocky Gerung, RGTV channel ID.

Rocky menanyakan soal pilihan JK untuk Calon Presiden (Capres) potensial yang akan didukungnya. Dia menyodorkan dua nama, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto.

"Kalau dalam perkembangannya saya dekat dengan semua," jawab JK secara singkat.

Dia lantas menjelaskan kedekatannya dengan Anies Baswedan. JK bilang hal itu dimulai saat Anies menjabat Rektor Universitas Paramadina, dirinya kala itu menjabat ketua dewan pembina yayasan.

"Tiap jumat saya salat dan makan bersama dan berdiskusi. Saya memberikan mereka wawasan ekonomi dan politik, bukan hanya dia termasuk pembantu rektor. Waktu itu saya bukan wakil presiden," jelasnya.

Momen kedua kedekatan Anies dan JK saat menjelang Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu. JK saat itu terang-terangan mendukung Mantan Mendikbud itu.

Dia bahkan melobi Gerindra dan PKS agar bisa mengusung Anies melawan Ahok dan AHY saat itu.

"Semua orang tahu saya yang dulu. Saya berterima kasih dalam beberapa jam saja saya telpon, Gerindra dan PKS langsung dukung, tengah malam di sini saya waktu itu di New York (AS)," ungkapnya.

Dengan Airlangga, JK mengakui kedekatan keduanya karena Golkar, Jk sendiri pernah jadi Ketua Umum periode 2004-2009.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan