Kenali Gejala-gejala Batu Kandung Kemih

  • Bagikan
Ilustrasi sakit kandung kemih

FAJAR.CO.ID — Dokter Spesialis Urologi dr. Akhada Maulana membeberkan gejala-gejala batu kandung kemih. Pasien biasanya kata dia mengeluh kencing perih atau nyeri.

“Terkadang pasien mengeluh kencing tersendat di akhir atau kencing tidak lancar. Warna kencing seringnya keruh dan kadang merah,” ujarnya dalam unggahannya, Selasa, (29/11/2022).

Hanya saja kata Ketua Mualaf Center Indonesia NTB ini, seringkali pasien mengabaikan. Kerap kali pasien pergi ke dokter atau perawat, diberi antibiotik dan anti nyeri, hilang keluhan atau berkurang.

Tapi kemudian beberapa waktu berselang muncul lagi. Karena kadang pasien pindah dokter atau dia kembali ke dokter atau mantri berbulan-bulan kemudian.

Sehingga kata Dosen FK Universitas Mataram NTB ini, hal itu akan dianggap sebagai kasus baru. Padahal mungkin keluhan itu nyaris tidak hilang atau sebenarnya hanya berkurang.

“Nah masalah ini diabaikan. Dan terus terjadi bertahun-tahun. Saya pernah menemukan pada remaja usia 17 tahun. Ketika saya tanya keluhan dah 5 tahun lebih. Namun lebih sering pada orang tua,” tutur Ketua Kota IDI Mataram ini.

Namun kata dia, kasus seperti ini sekarang sudah jarang karena semakin banyak dokter. Sehingga pasien cepat ditangani. Tidak seperti sebelumnya. (selfi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan