Lihat Potensinya saat Jabat Wali Kota Solo, JK Kenang Pertama Kali Ajak Jokowi jadi Gubernur Jakarta

  • Bagikan
Jusuf Kalla

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Wakil Presiden ke-10 dan 12 Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla alias JK blak-blakan bercerita soal kedekatannya dengan Joko Widodo alias Jokowi.

JK mengaku bertemu dengan orang nomor 1 di Indonesia itu saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Bahkan bukan dalam sebuah acara bergengsi ataupun semacamnya, dirinya mengatakan bertemu dengan Jokowi dalam sebuah seminar.

"Saya ketemu di satu seminar di PDIP di Semarang, saya Pak Bibit, dan Pak Jokowi,
Selesai seminar waktu itu, saya ngomong dengan Tjahjo (Kumolo) Sekjen (PDIP) waktu itu, bagus juga itu Wali Kota, bagus juga kita wakilkan," ungkap Jusuf Kalla dalam perbincangannya bersama Rocky Gerung dilansir dari akun tik tok @Indo Politica, Selasa (29/11/2022).

Pada akhirnya, Jokowi dipanggil oleh JK dan Tjahjo Kumolo untuk berbincang dan berdiskusi lebih banyak dan mendalam.

"Eh Pak Wali, gimana kalau ke Jakarta," ajak JK ke Jokowi.

Awalnya, Jokowi menolak kerena dia sendiri tidak mewakili Partai. Sementara Megawati juga awalnya tak mengizinkan Jokowi dibawa ke Jakarta.

"Ibu Mega awalanya enggak mau, ya nanti kita survei, satu bulan kemudian Ibu Mega setuju," imbuhnya.

Pengusaha nomor 1 di Sulsel itu, mengaku memiliki feeling tersendiri saat melihat sosok Jokowi. Terlebih, ketika melihat jejaknya di Solo.

"Saya punya feeling kesederhanaan dia, dikasih kan slide presentasi Kota Solo, saya lihat dia punya pengalaman mengelola Kota, Tapi keadaannya saat ini dilihat kok agak beda," lanjut JK.

Sebagaimana diketahui, JK menjadi wakil presiden Jokowi pada periode pertama yakni tahun 2014-2019. Jokowi naik menjadi capres setelah berhasil menggores tinta emas sewaktu menjabat Gubernur DKI pada 2012.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan