Menpora Sebut Butuh Adanya Keselarasan Soal Keamanan Sebelum Liga 1 Kembali Dilanjutkan

  • Bagikan
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali

FAJAR.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengungkapkan untuk melanjutkan kompetisi Liga 1, diperlukan keselarasan soal keamanan dan keselamatan di stadion.

Sebelumnya, Menpora menggelar rapat bersama penyelenggara Liga 1, PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Polri dan wakil dari beberapa kementerian di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin, 28 November 2022. 

Dalam rapat tersebut, poin penting yang jadi pembahasan soal kelanjutan kompetisi sepak bola di Indonesia. 

Zainudin menekankan, keselarasan itu penting lantaran polisi baru mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. 

Regulasi tersebut ditetapkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada 28 Oktober 2022 dan diundangkan pada 4 November 2022.

"Polri membutuhkan satu kali lagi rapat koordinasi khusus untuk pengamanan tersebut,"  kata Zainuddin Amali usai rapat tersebut.

"Dari situ Polri akan memutuskan apakah kompetisi ini boleh dilanjutkan atau tidak,"ungkapnya.

Dengan diadakannya peraturan tersebut, maka Polri merasa harus mendetailkan lebih lanjut tentang pengamanan Liga 1 Indonesia 2022-2023 dengan PSSI.

Rencananya, Rapat koordinasi dengan Polri soal pengamanan itu rencananya digelar di Mabes Polri paa Selasa, 29 November 2022. (Hari ini).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus menyatakan bahwa mereka mendukung permintaan Polri demi pelaksanaan liga yang lebih baik.

"Perpol merupakan salah satu hasil dari 'task force' (Gugus Tugas Transformasi Sepak Bola Indonesia-red). Setelah ini, kami berharap kompetisi dapat bergulir sehingga performa para pemain tetap terjaga," kata Mochamad Iriawan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan