Prof Mohammed Ali Berawi Pastikan IKN Nusantara Miliki Sistem Keamanan Berlapis

  • Bagikan
MEMBELAH HUTAN: Jalan poros di Sepaku, Kalimantan Timur, akan menjadi akses menuju IKN. (iknFUAD MUHAMMAD/KALTIM POST)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Prof Mohammed Ali Berawi memastikan IKN akan memiliki sistem keamanan berlapis untuk melindungi teknologi yang digunakan pada kota cerdas, dikutip dari ANTARA.

“Kita akan memastikan bahwa semua aman, sebab nanti kalau dihajar orang bisa kolaps. Ini sudah sepaket dalam pengembangan IKN,” ujar Ali dalam forum media di Jakarta, Selasa (29/11).

Lebih lanjut, Prof. Ali menjelaskan dalam pengembangan IKN, terdapat beberapa tahapan sistem keamanan dalam pembangunan khususnya dari segi teknologi.

Pada level pertama, terdapat multi-utility tunnel atau MUT, menampung semua jaringan pipa air sampai dengan kabel listrik dan fiber optik di IKN.

Masuk ke level kedua, yang merupakan level aktif di mana terdapat data center atau pusat berkumpulnya semua operasi data.

“Ada juga di level ketiga super apps. Untuk apps ini tentunya kita akan ‘tawarin’ ke spesifik perusahaan yang memang menangani cyber security. Terus terang kami sudah datangkan dari luar negeri, mulai dari keamanan sampai sistem aplikasi,” kata Prof. Ali.

Prof. Ali mengatakan keamanan digital merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan IKN. Oleh karenanya, saat pemilihan provider diperlukan kehati-hatian karena menyangkut data-data negara.

“Keamanan data ini jadi salah satu pertimbangan di dalam memilih teknologi provider. Apakah nanti yang membangun fiber optik karena berkaitan dengan data-data negara, atau kerja sama dengan private center, kita akan ambil very carefully,” ujarnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan