Soroti Wisata Bencana, Ridwan Kamil: Bantuannya Satu Mobil, tapi yang Mengantar Bisa Sampai 6 hingga 8 Mobil

  • Bagikan
Ridwan Kamil

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, soroti wisata bencana. Ia mengimbau bagi mereka yang membawa bantuan bencana untuk tidak lakukan wisata bencana atau hanya datang untuk melihat-lihat di lokasi bencana di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Menurut dia, bantuan yang dibawa satu mobil, tetapi yang mengantar di belakang sampai enam hingga delapan mobil. Hal itulah yang salah satunya yang membuat jalanan di desa di zona bencana mengalami macet total setiap pagi hingga sore hari.

"Jangan lakukan wisata bencana atau ingin lihat2. Bantuannya 1 mobil, tapi yg mengantar di belakang bs sampai 6-8 mobil. Inilah salah satu yg bikin jalanan desa di zona bencana yg sempit rata2 4-6 m macet total tiap pagi s.d sore. Blm pada parkir di pinggir jalan yg sdh sempit," cuit Ridwan Kamil di linimasa Twitternya dikutip FAJAR.CO.ID, Selasa (29/11/2022).

Dia menbambahkan, kondisi itulah yang menyulitkan evakuasi korban dan distribusi kepada para pengungsi. "Sehingga evakuasi korban dan distribusi kepada para pengungsi menjadi sering terkendala dan sangat lama," tegas dia.

Ridwan Kamil juga mengimbau agar efesiensi dan tertib, cukuplaj mobil bantuannya saja maupun tim perwakilan yang datang. "Dihimbau, agar efisien dan tertib cukuplah mobil bantuannya saja dengan seperlunya tim perwakilan. Atau titipkan ke organisasi relawan resmi. Semoga dengan hati yang berempati, batin yang bijak dan pikiran yang jernih, himbauan ini bisa dipahami. Hatur Nuhun," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, berharap, agar masyarakat yang tidak berkepentingan dan tidak membantu penanganan bencana diharap tidak datang ke lokasi bencana.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan