Survei Terbaru Indopol, Anies Baswedan Bakal Capres dengan Elektabilitas Tertinggi, Tatak Ujiyati: Pilihlah dengan Akal Sehat

  • Bagikan
Anies Baswedan, capres Partai Nasdem 2024

FAJAR.CO.ID -- Indopol merilis survei terkait elektabilitas calon presiden (capres) yang dilakukan November ini. Hasilnya, elektabilitas Eks Gubernur DKI, Anies Baswedan, mengungguli Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Jajak pendapat ini dilakukan dalam kurun waktu 8-14 November 2022 dengan total responden sebanyak 1.240 yang tersebar di 34 provinsi. Pengambilan sampel dilakukan secara multistage random sampling. Survei dilakukan dengan wawancara secara langsung atau tatap muka. Margin of error dalam survei ini sebesar 2,85% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Responden awalnya diberikan pertanyaan terkait sosok tokoh nasional yang layak jadi pemimpin atau presiden RI di 2024. Responden menjawab secara terbuka, tanpa diberikan nama ataupun foto tokoh-tokoh nasional yang berpotensi nyapres.

Direktur Eksekutif Indopol, Ratno Sulistiyanto, menyebut, suara Anies meningkat tajam dari survei sebelumnya. Hal itu diduga adanya pergeseran pendukung.

"Ada pergeseran peta dukungan publik mulai November 2021 hingga November 2022 ini, di November 2022 ini tampak figur Anies Baswedan mendapatkan apresiasi sebesar 25,09%, dibandingkan kedua Ganjar Pranowo sebesar 22,03% sementara Prabowo Subianto sebesar 13,50%," kata Ratno dalam rilis survei, Senin (28/11/2022).

Ratno menduga pergeseran dukungan ke Anies itu terjadi usai deklarasi NasDem. Deklarasi NasDem itu menjadi momentum politik Anies mengalami lonjakan suara.

"Di November 2022 ini, sebenarnya semua naik tapi ada pergeseran dukungan, ada apa di situ, kira-kira dugaan kami karena ada deklarasi NasDem di 3 Oktober. Jadi selang waktu satu bulan itu Anies mendapatkan momentum politik, ini lonjakannya tinggi, dari Juni 2022 sebesar 16,42% itu naik menjadi 25,09%. Ini hal yang wajar karena hanya Anies yang dapat momentum politik, Prabowo masih biasa-biasa saja, meskipun dia sudah mengumumkan capres dari Gerindra," ujarnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan