Tindaklanjuti 366 Proyek Hasil KTT G20 dengan Nilai US$ 309,4 Miliar di Bali, Jokowi Bentuk Gugus Tugas

  • Bagikan
Jokowi bersama Sri Mulyani dan Retno Marsudi di G20

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo membentuk gugus tugas menindaklanjuti berbagai kesepakatan hasil KTT G20 di Bali yang digelar beberapa waktu lalu.

“Hari ini, saya minta dibentuk gugus tugas menindaklanjuti berbagai kesepakatan tersebut,” kata Jokowi, dalam keterangannya, Senin, (28/11/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, gugus tugas ini masing-masing menindaklanjuti secara detail kesepakatan dengan Amerika Serikat, Persatuan Emirat Arab, Korea Selatan, Jepang, RRT dan seterusnya.

Setidaknya KTT G20 di Bali menghasilkan kesepakatan 226 proyek multilateral senilai USD238 miliar dan 140 proyek bilateral senilai USD71,4 miliar. Artinya ada 366 proyek jika ditotal.

Total proyek tersebut US$ 309,4 miliar atau setara Rp 4.857 triliun.

Semua proyek ini kata Jokowi perlu segera dieksekusi.

Selain itu, pria kelahiran Solo ini meminta jajaran pemerintah mengawal percepatan berbagai komitmen investasi agar bisa terealisasi.

“Misalnya, komitmen pemerintah Amerika Serikat melalui skema Partnership for Global Infrastructure Investment sebesar USD600 miliar, dan lain-lain,” tandas mantan Wali Kota Surakarta ini. (selfi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan