Business Gathering and Mini Expo, Khofifah Indar Parawansa Sukses Hasilkan Kontrak Ekspor Rp16,4 Miliar

  • Bagikan
Gubernur Khofifah Indar Parawansa memimpin program Business Gathering and Mini Expo ke Jeddah. (Pemprov Jatim)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA -- Program Business Gathering and Mini Expo Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Jeddah menghasilkan kontrak bisnis yang menggembirakan. Kegiatan temu bisnis di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah pada Selasa (29/11) tersebut menghasilkan kontrak ekspor 1.043.750 USD atau senilai Rp 16,4 miliar.

Gubernur Khofifah mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan di Jeddah merupakan upaya membuka market dan memberikan fasilitas bagi pelaku usaha Jatim. Hal itu sebagai upaya Pemprov Jatim dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya untuk UKM.

”Kita memang membidik market Jeddah yang sangat strategis agar produk UKM kita khususnya di bidang makanan dan minuman bisa dapat akses market di Arab Saudi,” ujar Khofifah.

Dengan melibatkan Kadin, difasilitasi KJRI di Jeddah, para pelaku UKM Jatim dipertemukan dengan sekitar 40 pelaku usaha dari Jeddah agar bisa saling menggali potensi perdagangan antar kedua belah pihak.

”Gathering and Mini Expo di Jeddah menghasilkan kontrak bisnis mencapai Rp 16,4 miliar,” terang Khofifah.

Angka tersebut dihasilkan dari tujuh kesepakatan perdagangan dalam bidang makanan dan minuman. ”Ada pernyataan dari Managing Director IMF bahwa pada 2023 ekonomi dunia akan gelap menuju suram. Kita optimistis dan tidak ingin hal itu terjadi. Maka upaya membuka market, mendorong ekonomi tumbuh, adalah prioritas yang kami lakukan agar hal itu tidak sampai terjadi,” ujar Khofifah.

”Dan yang kita sasar untuk bisa tumbuh adalah UKM agar mereka tetap survive memperluas market. Dan yang terpenting karena UKM Jatim berkontribusi 57,81 persen untuk PDRB Jatim,” ucap Khofifah.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan