Cody Gakpo Sudah Diincar Klub Elite Inggris, Pelatih Belanda: Dia Punya Segalanya Jadi Pemain Hebat

  • Bagikan
Cody Gakpo/EPA

FAJAR.CO.ID, QATAR—Dalam setiap turnamen sepak bola bergengsi selalu ada pemain yang bisa menjadikannya panggung untuk bermandikan cahaya lampu sorot, dan pada Piala Dunia 2022 Cody Gakpo adalah sosok yang sukses melakukannya.

Talenta berusia 23 tahun itu mencuri perhatian penikmat sepak bola karena selalu sukses mencetak gol untuk Belanda dalam tiga pertandingan fase penyisihan Grup A.

Jebolan akademi PSV Eindhoven itu melakoni debut untuk Tim Oranye pada Euro 2020 tahun lalu, tapi kala itu dia hanya tampil sebagai pemain pengganti dalam laga melawan Macedonia Utara dan hanya tampil selama 11 menit ditambah tiga menit waktu tambahan.

Setelah Euro 2020, Gakpo semakin bersinar di level klub ketika secara keseluruhan dia mencetak 21 gol dalam 47 laga dalam semua kompetisi untuk PSV pada musim 2021-2022.

Sinar Gakpo kian terang ketika membawa bekal 13 gol dalam 24 penampilan bersama PSV yang praktis menjamin tempatnya dalam skuad akhir Belanda untuk Piala Dunia 2022.

Setelah hanya menjadi pemain pengganti dalam turnamen bergengsi perdananya, Gakpo membuktikan perkembangannya dengan meraih kepercayaan pelatih kepala Louis van Gaal untuk selalu diturunkan sebagai sebelas pemain pertama Belanda dalam tiap pertandingan penyisihan Grup A.

Gakpo membayar lunas kepercayaan itu dengan selalu menyarangkan bola ke gawang Senegal, Ekuador, dan Qatar secara berurutan dalam kurun waktu 10 hari.

Van Gaal awalnya menempatkan Gakpo sebagai gelandang serang utama dalam skema 3-5-2 yang diterapkannya untuk Belanda dalam laga pertama mereka di Grup A melawan Senegal.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan