Demokrat Duduki Posisi 2 pada Survei Terbaru LSI, Yan Harahap Beri Respons Begini

  • Bagikan
Deputi Strategi dan Kebijakan Balitbang DPP Demokrat, Yan A Harahap [email protected]

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Kader Partai Demokrat Yan Harahap, buka suara soal hasil survei Lembaga Survei Independen (LSI) baru-baru ini.

"Pada survei November ini, peringkat pertama ditempati PDIP 18,2 persen, posisi kedua ⁦Partai Demokrat dengan elektabilitas 14,1 persen," ujar Yan Harahap, dikutip dari unggahan twitternya, @YanHarahap (30/11/2022).

Lanjut Yan Harahap, Demokrat berhasil menyalip Partai Gerindra yang nyaris stagnan di 2 survei sebelumnya dengan elektabilitas 11,8 persen.

Pemilihan umum (Pemilu) menjadi perhatian yang disoroti publik menjelang tahun pemilu 2024, oleh karenanya Lembaga Survei Independen (LSI) melakukan survei, salah satunya terkait elektabilitas partai politik.

Pada hasil Lembaga Survei Independen, pemuncak hasil survei masih ditempati oleh PDI Perjuangan, namun perubahan terjadi pada posisi kedua, survei elektabilitas, pada dua survei sebelumnya pada April dan Agustus, posisi kedua masih ditempati oleh Partai Gerindra.

Namun saat ini, pada survei ketiga di November tahun 2022 ini, Partai Demokrat berhasil menyalip di posisi kedua, disusul oleh Partai Gerindra pada posisi ketiga, keempat ditempati oleh Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menariknya, 2 Partai yang saat ini ada di parlemen justru semakin melemah, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang hanya meraih elektabilitas dibawah parliamentary threshold sebanyak 4 persen.

(Muhsin/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan