Jalan Mendaki Liestiaty Nurdin Abdullah Menuju DPR, Mampukah Imbangi Kedigdayaan Petahana?

  • Bagikan
Liestiaty Fachruddin, Istri mantan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, maju bertarung pada Pileg DPR RI Dapil Sulsel I.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Jika final Liestiaty Fachruddin, Istri mantan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah maju bertarung pada Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel I adalah hal yang menarik untuk ditonton.

Apalagi jika maju melalui partai Golkar. Pasalnya Partai berlambang pohon beringin ini ada petahana kuat yang berhasil mempertahankan kedigdayaannya berturut-berturut.

Adalah Hamka B Kady. Pada pemilu 2019 lalu, ia kembali terpilih dengan suara cukup besar, 86.736 suara.

"Nah, ini tantangan internal yang bakal dihadapi oleh Liestiaty istri Nurdin Abdullah jika beliau final maju bersama Golkar di Sulsel 1," kata Pengamat Politik, Ras Md kepada fajar.co.id, Rabu (30/11/2022).

Sedangkan tantangan eksternalnya, tentu Liestiaty akan menghadapi sosok Aliyah Mustika Ilham. Satu-satunya perempuan yang berhasil mempertahankan posisinya selama dua periode duduk di DPR RI Senayan lewat Partai Demokrat.

"Kita tahu bersama, di Pemilu 2014 lalu, di Sulsel 1 ada tiga perempuan berhasil lolos ke Senayan termasuk Aliyah Mustika Ilham. Sedangkan di Pemilu 2019, hanya Aliyah Mustika Ilham saja yang berhasil kembali ke Senayan. Ini bukti jika sosok Aliyah dari prespektif pemilih perempuan adalah sosok yang diidolakan," jelas Ras.

Akankah Liestiaty juga bisa tampil kuat pada Pileg DPR RI tahun 2024 mendatang menghadapi rival internalnya di Golkar maupun rival eksternalnya dengan posisi sebagai figur pendatang baru?

Ras Md menuturkan yang mesti dipahami, potensi kekuatan Liestiaty jika terkelola dengan baik, tentu peluang politiknya terbuka lebar.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan