Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit

  • Bagikan
Ilustrasi sembelit

FAJAR.CO.ID — Ada beberapa hal yang menyebabkan sembelit atau konstipasi.

Dokter Handri Irawan mengatakan, penyebab sembelit yang dialami oleh setiap orang berbeda-beda.

Pertama, pola makan yang buruk. Sebagai contoh, kurang makan sayur dan buah menjadi salah satu penyebab seseorang susah buang air besar.

“Pasalnya, buah dan sayur mengandung banyak serat yang dapat melunakkan feses sehingga mudah dikeluarkan. Hal ini juga berlaku ketika Anda malas minum atau makan makanan penyebab sembelit. Akibatnya, feses akan semakin padat, kering, dan konstipasi pun terjadi,” katanya dalam unggahannya, Selasa, (29/11/2022).

Kedua, malas gerak. Dokter Handri menyampaikan, olahraga termasuk cara untuk melancarkan buang air besar karena usus perlu bergerak agar kotoran dapat melewati usus dengan lancar. Pergerakan usus ini dipengaruhi oleh gerakan tubuh.

“Bila Anda malas bergerak atau sering duduk dalam waktu lama, pergerakan usus akan melambat. Kemudian kotoran akan susah melewati usus sehingga Anda susah buang air besar,” ujarnya.

Ketiga, penggunaan obat-obatan tertentu seperti antasida, obat pereda nyeri, antidepresan, suplemen zat besi, dan antikonvulsan.

Keempat, hamil. Dijelaskan, sembelit saat hamil yaitu masalah pencernaan yang sering terjadi. Hal ini dapat terjadi akibat perubahan hormon yang mengendurkan otot usus, sehingga pergerakan usus melambat. Akibatnya, feses jadi keras dan sulit keluar.

Penyakit atau masalah kesehatan tertentu
bagi yang menderita penyakit Diabetes, Hipotiroid, Penyakit Parkinson, Hiperparatiroid dan Stroke juga dapat mengalami konstipasi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan