Telan Kekalahan di Tiga Laga, Qatar jadi Tuan Rumah Terburuk Sepanjang Sejarah Piala Dunia

  • Bagikan
Felix Sanchez mengawasi pemainnya di laga pembuka Piala Dunia/Getty Images

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Tidak pernah terjadi sebelumnya, tuan rumah menelan tiga kali kekalahan dalam tiga pertandingan fase grup Piala Dunia. Namun rekor itu pecah saat Qatar dikalahkan Belanda pada laga terakhir Grup A Piala Dunia 2022.

Bertanding di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar tumbang 0-2. Ini adalah kekalahan ketiga Qatar setelah sebelumnya dikandaskan Ekuador (0-2) dan Senegal (1-3).

Dua gol Belanda pada laga ini diciptakan oleh Cody Gakpo pada menit ke-26 dan Frenkie de Jong pada menit ke-49. Dengan tambahan tiga poin, Belanda berhasil finis sebagai juara Grup A dengan 7 poin. Itu hasil dari 2 menang dan 1 imbang.

Di sisi lain, Ekuador sebetulnya hanya butuh hasil imbang pada laga terakhir Grup A untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Namun, Ekuador tampil antiklimaks dan dipukul Senegal dengan skor 1-2.

Senegal unggul lewat eksekusi penalti Ismaila Sarr pada menit ke-44. Penalti diberikan karena bek tengah Ekuador Piero Hincapie menjatuhkan Sarr di kotak terlarang. Sarr yang menjadi eksekutor, menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Pada babak kedua, Ekuador mampu menyamakan kedudukan. Yakni melalui bintang muda berusia 21 tahun Moises Caicedo. Tendangannya pada menit ke-67, berhasil membobol gawang Senegal yang dijaga oleh Edouard Mendy.

Berada dalam posisi gawat, Senegal cepat untuk kembali unggul. Tembakan jarak dekat kapten sekaligus bek tengah utama Kalidou Koulibaly pada menit ke-70, membawa Senegal kembali memimpin 2-1. Ini adalah gol pertama Koulibaly untuk Senegal setelah menjalani 67 penampilan internasional.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan