BNPB Apresiasi Relawan yang Terlibat Penanganan Gempa Cianjur

  • Bagikan
Memasuki hari kedelapan, sejumlah relawan yang juga sebagai penyintas gempa, tetap bersemangat membantu warga terdampak gempa Cianjur. (BNPB)

FAJAR.CO.ID, CIANJUR -- Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo selaku yang membidangi relawan, menjelaskan hadirnya relawan dari Cianjur maupun luar Cianjur sangat membantu dalam penanganan bencana.

"BNPB mendata hingga kini sudah terdata sekitar 10 ribu relawan yang telah berkontribusi dalam penanganan Cianjur. Setiap harinya yang bergerak sekitar 4 ribuan dengan berbagai klaster sesuai kemampuan relawan masing-masing," kata Pangarso di Pendopo Bupati Cianjur, Rabu (30/11/2022).

Dirinya berujar, antar relawan yang baru datang agar berkolaborasi baik dengan relawan maupun personil lain, agar penanganan bencana berjalan baik.

"Relawan lokal sebagai penghubung dengan relawan luar Cianjur. Relawan luar belum tentu paham lokasi dan adat kebiasaan setempat, sehingga mengurangi kesalahpahaman dengan warga lokal," ujarnya.

Sebagai penutup, Pangarso berharap kepada para relawan, selain membantu penanganan bencana juga harus menjadi relawan anti hoaks.

"Relawan yang hadir di Cianjur adalah relawan penanggulangan bencana yang hebat, sekaligus sebagai agen anti hoaks, jangan sampai relawan ikut menyebarkan hoaks," pungkasnya. (eds)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan