Fit and Propert Test Laksamana Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI Digelar Besok

  • Bagikan
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono disinyalir bakal menjadi Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Komisi I DPR RI bakal menggelar fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada Jumat (2/12) besok.

Hal ini setelah DPR RI menerima surat presiden (Surpres) terkait pergantian Panglima TNI.

“Betul, Komisi I akan menggelar fit and proper test calon panglima esok. Satu hari penuh ya. Dimulai dengan verifikasi persyaratan di pagi hari,” kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid kepada wartawan, Kamis (1/12).

Politikus Partai Golkar ini menyatakan, uji kelayakan dan kepatutan itu akan diagendakan dengan mendengarkan penjelasan visi dan misi dari Laksamana Yudo Margono, ketika nanti terpilih menjabat sebagai pucuk pimpinan lembaga militer tersebut.

“Lalu mendengarkan visi misi dan pendalaman dalam rapat pukul 13.30. Penyampaian visi misi oleh calon panglima disepakati dalam rapat internal komisi; 30 menit,” ucap Meutya.

Meutya menjelaskan, mekanisme dari pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan itu akan digelar secara terbuka. Namun, bila nanti dalam pemaparan isinya berupa strategi dan sifatnya rahasia akan tertutup.

“Direncanakan dilakukan terbuka, kecuali jika nanti dalam paparan ada yang dianggap bersifat strategi dan rahasia maka bagian tersebut dilakukan tertutup,” ungkap Meutya.

Ia mengungkapkan, rangkaian terakhir dari uji kelayakan dan kepatutan itu adalah mengunjungi kediaman orang nomor satu dari matra angkatan laut tersebut.

“Lalu direncanakan verifikasi faktual ke kediaman setelah rapat fit and proper test selesai,” pungkasnya. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan