Hasil Survei ARCI, Elektabilitas Khofifah Indar Parawansa Masih Teratas, Ini Tokoh yang Membuntuti

  • Bagikan
Direktur ARCI Baihaki Siraijt. (Rafika Yahya/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA -- Nama Ketua Gerindra Jatim disebut bakal menjadi Gubernur 2024. Hal itu berdasar hasil survei lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

Nama Anwar Sadad, Ketua Gerindra Jatim disebut tak jauh dari sosok Khofifah Indar Parawansa masih tertinggi dengan angka 37,5 persen.

”Elektabilitas Khofifah masih tertinggi. Angkanya tidak jauh-jauh juga, karena saat ini publik juga bingung, mau ke mana Khofifah setelah ini ke Pilpres atau Pilgub Jatim?” kata Direktur ARCI Baihaki Siraijt di Surabaya, Kamis (1/12).

Berdasar survei ARCI, elektabilitas Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad berada di posisi ke-3 dengan angka 6,9 persen. Nama Sadad di atas sejumlah sosok besar seperti Mensos Tri Rismaharini, Mantan Wagub Jatim dua periode Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

”Progres Anwar Sadad bersama Gerindra Jawa Timur cukup baik. Tinggal bagaimana nanti terus konsisten menuju tahun politik,” terang Baihaki.

Sementara itu di posisi kedua ada nama Wagub Jatim saat ini yang juga Ketua DPD Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak dengan elektabilitas 12,2 persen.

Baihaki menyebut nama-nama pimpinan partai di Jawa Timur juga makin melejit. Selain Sadad, ada juga Ketua DPD Golkar Jatim M. Sarmuji.

”Menarik mulai naik angka-angka elektabilitas ketua parpol di Jatim. Geliatnya mulai terasa, karena tentu para ketua parpol ini punya peluang besar di Pilgub Jatim nanti kalau Khofifah berangkat ke level nasional,” tutur Baihaki Siraijt.

Ada juga Ketua PKB Jatim Abdul Halim Iskandar, Ketua PDIP Kusnadi, hingga Ketua PPP Mundjidah Wahab. Namun, nama-nama itu elektabilitasnya masih di bawah 5 persen.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan