Hoaks! Dokter Ditolak Masyarakat Cianjur karena Beragama Katolik

  • Bagikan
Hoaks! Dokter Ditolak Masyarakat Cianjur karena Beragama Katolik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Akun Twitter Yoanne Immanuella @Yoaann_ mendadak jadi sorotan warganet. Pasalnya, akun tersebut mengaku internis atau dokter spesialis penyakit dalam yang dikirim oleh organisasinya di lokasi terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, namun ditolak masyarakat karena ia beragama Katolik.

"Akan lebih baik, yang saling tolong menolong di Cianjur baiknya sesama muslim deh jangan selain muslim.Di khawatirin kejadian kayak saya kemarin. Saya ini internis dikirim kesana oleh organisasi, sampe sana. Masy malah nanya agama, saya jawab katolik. Haram kata mereka." cuit @Yoaann_.

Salah seorang warganet Aldhira, @aldhiraaa, menelusuri siapa sosok Yoanne Immanuella yang mengaku dokter spesialis penyakit dalam yang ditolak oleh masyarakat karena beragama Katolik itu.

Hasil penelusuran owner @petanisampah ini pada aplikasi pencarian dokter dan dokter gigi yang telah teregistrasi di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), nama Yoanne Immanuella tidak terdaftar dalam database KKI.

"Apakah Bu Dokter ini menggunakan akun anonim / bukan nama sebenarnya ? Karena ditelusuri via database KKI atas nama Yoanne Immanuella tidak terdaftar namanya 🙏," cuit @aldhiraaa, dikutip FAJAR.CO.ID, Kamis (1/12/2022).

Aldhira kemudian, menduga kemungkinan penelusurannya kurang tepat. Dia juga menemukan dokter yang namanya mirip, tetapi yang bersangkutan bukanlah internis, tetapi dokter gigi.

"Atau mungkin penelusurannya kurang tepat, ada dokter dengan nama mirip tapi beliau dokter gigi bukan internist. Mungkin yang di kedokteran boleh dibantu supaya terang permasalahan ini," bebernya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan