Kabar Baik, Arab Saudi Beri Sinyal Kuota Haji 2023 Kembali Normal

  • Bagikan
Ilustrasi ibadah haji

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Kabar baik bagi calon calon jamaah haji. Kementerian Agama (Kemenag) memperkirakan kuota haji tahun depan kembali penuh, yakni 221 ribu kursi. Kembali seperti kuota normal sebelum pandemi.

”Insya Allah (haji 2023) kuotanya penuh. Karena dari sana (otoritas Saudi, Red) bahasanya begitu,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief saat penutupan muzakarah perhajian di Situbondo pada Selasa (29/11) malam.

Meskipun begitu, pemerintah Indonesia tetap menunggu keputusan resmi dari Saudi. Hilman mengatakan, menjelang tutup tahun seperti sekarang, MoU perhajian biasanya mulai dibahas. MoU dibahas antara Saudi dan negara-negara pengirim jemaah haji, termasuk Indonesia.

Hilman menyatakan, bahasa yang dipakai Saudi saat dimintai informasi soal kuota haji 2023 adalah menggunakan kata penuh. Menurut dia, kata penuh tersebut cenderung bermakna ganda.

Bisa jadi penuh yang dimaksud adalah sesuai kuota normal sebelum pandemi. Atau, bisa juga yang dimaksud kuota penuh adalah seperti kuota haji 2022. Sebagaimana diketahui, tahun ini kuota haji Indonesia hanya 100.052 jemaah.

Hilman menuturkan, Kemenag akan bergerak cepat menyiapkan penyelenggaraan haji tahun depan. Sebab, kalender Hijriah yang digunakan sebagai acuan masa haji maju setiap tahun.

Dia mengatakan, Saudi mendahulukan rapat persiapan haji 2023 dengan Indonesia jika dibandingkan dengan negara lainnya. ”Indonesia jemaahnya terbesar di dunia sehingga pengelolaannya harus dipersiapkan lebih awal,” jelasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan