Ketemu Sahabat Lama Mantan Sekjen PBB, SBY Kenang Peristiwa Bersejarah di Bali

  • Bagikan
SBY bertemu dengan Ban Ki-moon. (Twitter @SBYudhoyono)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan mantan Sekjen PBB Ban Ki-moon di sela-sela acara Global Summit di Riyadh, Arab Saudi.

Kegiatan ini membahas sustainable travel dan tourism.

“Saya sarapan bareng dengan sahabat lama, sahabat dekat Ban Ki-moon, mantan Sekjen PBB. Kami saling melepas rindu dan mengenang kebersamaan di waktu yang lalu utamanya peran Indonesia dalam kerjasama internasional,” ucapnya, dalam unggahannya, Kamis, (1/12/2022).

Dalam pertemuan yang akrab itu, SBY menerima ucapan belasungkawa dari Istri Ban Ki-moon (sahabat baik Ani Yudhoyono) atas berpulangnya istri SBY.

Dia mengungkapkan, kebersamaannya dengan Sekjen PBB bermula ketika jadi tuan rumah COP 13 (Climate Change) di Bali tahun 2007.

Pertemuan itu kata Mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini hampir gagal tapi mereka berdua menyemangati delegasi untuk terus bernegosiasi.

“Alhamdulillah, konferensi dilanjutkan dan hasilkan ‘Bali Roadmap’ yang bersejarah,” ucapnya.

Kebersamaan yang lain adalah ketika SBY mendapatkan amanah dari PBB bersama PM Inggris Cameron dan Presiden Liberia Sirleaf untuk memimpin High-Level Panel yang menyiapkan pemikiran dan rekomendasi tentang Sustainable Development Goals (pengganti MDGs yang jatuh tempo pada tahun 2015).

“Pertimbangan untuk menjadikan saya sebagai Co-Chair High-Level Panel PBB tersebut adalah berdasarkan penilaian PBB atas komitmen dan kesungguhan Indonesia untuk mengatasi perubahan iklim dan menjalankan pembangunan yang berkelanjutan,” tutur mantan Panglima Komando Daerah Militer II/Sriwijaya ini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan