Nasihat Cak Noer untuk Prabowo: Tugas Pemimpin Sebetulnya Hanya Satu …

  • Bagikan
Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, mengenang pelajaran hidup yang didapat dari gurunya Raden Panji Muhammad Nur atau Cak Noer.

Diketahui, Cak Noer merupakan Gubernur Jawa Timur (Jatim) pada 1967-1976.

Dilansir fajar.co.id dari unggahan potongan video akun instagram @Tum GRD, Prabowo dengan lantang mengatakan pernah diberi pelajaran dari sang guru, Cak Noer.

"Saya pernah diberi pelajaran oleh guru saya, dia pernah jadi Gubernur Jatim. Lama. Pak Muhammad Nur," ujar Prabowo pada video tersebut, dikutip pada Kamis (1/12/2022).

Lanjut Menteri Pertahanan RI itu dalam ceritanya, orang Jatim ketika ditanya soal siapa Gubernurnya. Maka, akan menjawab Cak Noer. Meskipun telah ada beberapa Gubernur penggantinya.

"Dulu, orang Jatim kalau ditanya, siapa Gubernur Jatim. Ya Cak Nur. Loh sekarang ini yang Gubernur, oh ini penggantinya," tukas Prabowo.

"Jadi, dia pernah mengatakan ke saya, panggil saya. Mas Bowo, jadi pemimpin itu, tugas menjadi pemimpin itu sebetulnya intinya hanya 1," kenang Prabowo.

Tugas pemimpin yang dimaksud tersebut, kata Prabowo. Yen wong cilik, iso gumuyu. Artinya, biar orang kecil bisa ketawa. Bisa tersenyum.

"Kalau orang kecil, orang miskin bisa ketawa, berarti dia bahagia. Berarti, kesulitan dia bisa kita atasi. Itu tujuan pemimpin," tegasnya.

Untuk diketahui, Cak Noer meniti karier dari bawah sebagai pegawai magang di Kantor Kabupaten Sumenep, Asisten Wedana, Patih (Wakil Bupati), Bupati Kabupaten Bangkalan, Residen (Pembantu Gubernur), Pejabat Sementara Gubernur Jatim, hingga menjadi seorang Gubernur Jatim. (Muhsin/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan